Rabu, 30 April 2014

Cara Menginstal 2 OS dalam 1 PC

Beberapa kebutuhan membuat kita berpikir tentang kemungkinan untuk menginstall dua sistem operasi (OS) dalam satu komputer. Ya, hal itu bisa kita lakukan. Tapi kita tidak bisa menginstal kedua OS tersebut dalam satu partisi. Jadi, kita harus memberikan ruang kosong lagi sebagai tempat untuk OS baru, misalnya OS lama di C dan OS baru di D. Saya katakan RUANG KOSONG! artinya kalau di partisi D sebelumnya sudah terisi data, segera lakukan backup pada data tadi atau jika tidak Anda akan kehilangan. Alternatifnya adalah membuat partisi baru untuk OS baru.
Apa manfaat menginstal 2 OS dalam satu PC? Untuk :
1. Melakukan pengujian compabilitas program tertentu.
2. Mencoba aplikasi tertentu dengan versi berbeda.
3. Sebagai alternatif jika salah satu OS bermasalah.
4. Mencoba 2 versi OS berbeda.
Kerugiannya ? 1. Membebani drive, karena menambah penggunaan space (ruang) harddisk.
2. Harus mengulangi proses instalasi program, driver, update, dan lainnya.
Tips : Perlu diperhatikan bahwa ketika menginstall 2 OS dalam satu komputer, sebaiknya pada OS baru tidak dijejali dengan berbagai macam program karena hal itu akan semakin memperberat kerja PC. Cukup aplikasi penting yang dibutuhkan, misalnya driver standar bawaan PC, antivirus, dan lainnya. Sedangkan pada OS lama, bisa kita lakukan.

Hal yang di perhatikan dalam menginstal  2 OS adalah cara membagi partisi. Buatlah 2 atau lebih partisi untuk menyimpan OS baru dan Lama. Silahkan pelajari  Lihat selengkapnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar